1:49 AM

Maneki Neko, Kucing Keberuntungan Orang Jepang

Maneki Neko (招き猫, secara literal berarti "Kucing Pemanggil"; juga dikenal sebagai Kucing Selamat Datang, Kucing Keberuntungan, Kucing Uang) sangat disukai banyak orang karena bentuk mukanya yang bulat dan mata besarnya yang menarik. Mungkin itulah alasan mengapa patung ini dipilih sebagai simbol keberuntungan. Selain itu, karena kepopulerannya di antara komunitas Tionghoa dan seringnya terlihat di toko-toko orang Tionghoa, Maneki Neko, yang juga disebut 财猫 zhao cai mao (Mandarin) atau chio chai niau (Hokkien), sering secara keliru dianggap berasal dari kebudayaan Tionghoa dibanding Jepang, juga secara keliru disebut sebagai "Kucing Keberuntungan Orang Cina (Tionghoa)".

Keberuntungan pasti diharapkan setiap orang khususnya mereka yang bergerak di bidang bisnis. Bahkan lebih penting bagi para pedagang Jepang sebab mereka begitu percaya hal-hal yang kita anggap takhayul. Mereka sering menempatkan, di belakang atau di depan toko mereka, beberapa jenis jimat, dengan harapan bisnis mereka akan berjalan mulus. Jenis jimat keberuntungan yang paling terkenal di toko komunitas Jepang adalah sebuah patung kecil yang memiliki bentuk kucing yang sedang melambaikan tangannya. Patung tersebut dikenal sebagai "Maneki Neko".



Maneki Neko terlihat seperti seekor kucing yang sedang melambaikan tangannya untuk menyapa pengunjung namun sebenarnya itu merupakan gestur seekor kucing yang sedang membersihkan mukanya. Kucing sering mencuci mukanya kapanpun saat hujan terlihat mau turun. Selain itu, karena sensitivitasnya, kucing sering merasa gelisah ketika ada seseorang yang mendekatinya. Untuk melepaskan ketakutannya, kucing mencuci mukanya. Dari gestur kucing inilah, orang Jepang berasumsi bahwa setiap kali kucing membersihkan mukanya akan datang pula pengunjung (pembeli). Sebagai tambahan, seekor kucing yang sedang membersihkan mukanya terlihat seperti sedang menyapa seseorang. Karena itu, orang Jepang percaya jika mereka menyimpan patung seekor kucing dengan gestur "menyapa" di depan toko mereka, pengunjung pasti datang.

Namun, ini hanyalah sebuah interpretasi. Banyak kumpulan dongeng dan penjelasan mengapa Maneki Neko dipilih sebagai jimat keberuntungan. Bagaimanapun, karakteristik utama kisah-kisah mengenai asal usul Maneki Neko adalah bahwa seekor kucing menyelamatkan pemiliknya dari bahaya atau penyakit juga kemiskinan sehingga pemiliknya menjadi kaya dan sejahtera. Kebanyakan orang percaya bahwa ada perbedaan arti saat Maneki Neko melambaikan tangan kiri atau kanannya. Jika melambaikan tangan kanan, artinya akan ada keberuntungan dan kekayaan lebih bagi sang usahawan; sedangkan jika melambaikan tangan kiri, akan ada lebih banyak pengunjung datang. Semakin tinggi sang kucing melambaikan tangannya, semakin banyak pula pengunjung, kekayaan dan keberuntungan akan datang menghampiri sang usahawan. Mengumpulkan Maneki Nekos merupakan hobi dari banyak orang Jepang dan mereka bahkan menciptakan klub-klub Maneki Neko. Maneki Nekos sekarang ini bukan hanya dianggap sebagai jimat keberuntungan bagi para pedagang Jepang, tetapi juga sebagai suatu simbol keberuntungan bagi setiap orang di Jepang dan di banyak negara di dunia.

(chinatownconnection.com)

0 comments: